ads-unit

6 Muallaf Paling Berpengaruh Di Dunia

0

Muallaf adalah sebutan bagi mereka yang mengubah keyakinan sepenuhnya memeluk Islam. Meski tidak menjadi muslim sejak lahir, ternyata tidak sedikit kaum muallaf yang menjadi pejaung Islam dan akhirnya memiliki pengaruh besar di dunia Islam. Berikut 6 muallaf paling berpengaruh di dunia.



BILAL PHILPS


Abu Amina Bilal Philps, bernama asli Dannis Braddly Philps. Pria berdarah Jamaika ini menghabiskan masa kecilnya di Kanada. Kecintaannya terhadap musik memberikan kesempatan kepada pria yang lebih dari 60 tahun ini menjelajah keberbagai negara termasuk Indonesia dan Malaysia pada tahun 1960-an. Di dua negara berpenduduk mayoritas Islam ini, Philps mulai tertarik mempelajari Islam dan kemudian memutuskan untuk mempelajari Islam secara Intensif. Pada tahun 1990-an, Philps bekerja di departmen agama markas besar angkatan udara Arab Saudi.

Kala itu, perang teluk tengah berkecambuk. Saat tentara Amerika Serikat bermarkas di sana, Philps berdiri untuk memberikan materi tentang Islam kepada mereka. Hasilnya, 3000 serdadu Amerika menjadi muallaf atau masuk Islam karenanya.



DANIEL STREICH


Daniel Streich adalah salah seorang anggota partai rakyat Swiss di Switzerland. Dia merupakan politikus terkenal karena siapnya yang menentang pembangunan mesjid di seluruh Swiss. Daniel berusaha mengerti dan mempelajari Al-Qur’an dan ajaran-ajaran Islam dengan tujuan untuk berargumen melawan kaum muslim. Di tengah usahanya ini, Daniel justru mengakui kebenaran Al-Qur’an dan kemudian menjadi seorang muslim.
Setelah menjadi muallaf, Daniel lebih menfokuskan perhatiannya untuk berpartisipasi dalam pembangunan . gerakan ini lebih menfokuskan diri pada pembangunan toleransi beragama, mempromosikan nilai-nilai perdamaian, dan kerjasama dalam kehidupan.



SUHAIB WEBB


Pada usia 14 tahun, krisis keyakian dalam diri Suhaib Webb menjelma pada ketidakpercayaan pada agama yang dipeluknya. Dia menjadi Bizz Jokey, Hip Hop, dan produser lokal yang sukses serta melakukan rekaman bersama sejumlah artis. Namun di tengah kesuksesannya itu, dia ternyata tak merasa bahagia dan kemudia pada akhirnya dia menemukan Islam.

Setelah menjadi muallaf, Suhaib Webb meninggalkan kariernya dan menyelami ilmu-ilmu Islam. Pria asal Amerika Serikat ini juga kerap menjadi imam dan pemuka agama bagi komunitas-komunitas di seluruh penjuru Amerika. Selain itu, pria yang berprofesi sebagai dosen dan aktivis itu, pernah menggelang dana hingga 200 juta rupiah untuk janda dan anak-anak pemadam kebakaran yang tewas dalam serangan 11 September. Atas semua aksinya tersebut, pada tahun 2010, Royal Islamic Study Center memasukkannya ke dalam daftar 500 muslim paling berpengaruh di dunia.



INGRID MATTSON


Islamic Society of North America sepertinya tepat memilih Ingrid Mattson sebagai nomor satu sebagai pemimpin organisasi besar dan berpengaruh di Amerika. Wanita kelahiran Waterloo, Canada, 50 tahun silam ini sempat menjadi atheis saat remaja atau tidak mempercayai Tuhan. Namun, ketika menimba ilmu di Universitas Waterloo, memilih jurusan seni dan filsafat, di situlah dia mengenal Islam. Setelah menjadi muallaf pada tahun 1986, Ingrid pun langsung memutuskan menggunakan jilbab. Kemudian pada tahun 1987, Inggrid memutuskan pergi ke Pakistan untuk menjadi relawan kemanusiaan.
Setelah mendapatkan gelar doktoral dari Universitas Chicago pada tahun 1999, dia terus aktif mendidik muslim Kanada untuk menjadi partisipan aktif dalam masyarakat.

Pada inagurasi Barrack Obama, setelah ia menang dalam pemilu Amerika Serikat, nama Ingrid Mattson pun masuk ke dalam salah satu tokoh yang diundang.



ABDULLAH TAKAZAWA


Nama aslinya adalah Takki Takazawa. Secara penampilan, dia tampak seperti mafia Jepang atau Yakuza. Selama 20 tahun, Takazawa memang berprofesi sebagai  penato para anggota geng paling ditakuti di negara terbit itu. Namun kini Takazawa sudah menjadi satu dari lima imam mesjid besar di Jepang.

Perkenalannya dengan Islam berawal ketika Takazawa melihat seseorang berkulit dan berjanggut putih di Shibuya. Orang itu memberikan sebuah kertas dan menyuruhnya membaca kalimat yang tertera. Pertemuan dengan orang tersebut membekas dalam ingatan  Takazawa. Takazawa pun melaksankan ibadah haji dan menimba ilmu beberapa bulan di Mekah.



ALEXANDER RUSSEL WEBB


Di akhir abad 19, dunia jurnalistik Amerika mulai memasuki era baru. Pengaruh dunia tulis menulis sangat besar dan efektif dalam  masyarakat. Salah seorang yang berperan dalam perkembangan tersebut adalah Alexander Russel Webb.
Awalnya, Alexander membuka diri dan mempelajari berbagai agama dan merasakan ketertarikan  terhadap Islam. Tahun1893, dia mengundurkan diri dari staff diplomat Amerika di Filipina. Di negeri Paman Sam inilah diam memulai dakwahnya tentang Islam.

Di awal abad 20, Alexander semakin dikenal sebagai muslim yang giat dan vokal dalam mendakwahkan Islam di Amerika.

sumber : https://www.youtube.com/watch?v=J5jS02VSrs4

About The Author

Hello, I am an web designer/developer from Melbourne, Australia. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium .